Tuesday, February 9, 2010

Dua Pejabat Eselon II Diganti

Selasa, 09 Februari 2010
JAMBI - Sebanyak dua orang pejabat eselon II Pemprov Jambi kemarin diganti. Diantaranya, Ir Asrofinal MM yang menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penyuluhan dan Ketahanan Pangan digantikan oleh Ir Daru Prastomo. Sebelumnya Daru ini, menjabat sebagai Kabid Penataan Kawasan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. Selain itu pejabat eselon II yang turut diganti adalah Drs H Rusli SH yang menjabat sebagai Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi yang digantikan oleh Drs Syofwan Nuri yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid Retribusi dan Pendapatan lain di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Jambi. Rusli sendiri menempati posisi baru sebagai Kepala Sekretariat Korpri Provinsi Jambi.

Disamping dua pejabat eselon II ini, yang juga turut diganti adalah beberapa pejabat eselon III dan IV. Dan yang menarik, pada pelantikan kemarin, tiga ajudan di sekretariat daerah, mendapatkan promosi jabatan. Diantaranya, H Husairi SE yang merupakan ajudan Gubernur diangkat menjadi Pj Kabid Retribusi menggantikan Syofwan Nuri. Selain itu, Sofwan yang merupakan ajudan Sekdaprov, juga mendapat promosi menjadi pj Kasubag Penerimaan Tamu. Demikian juga dengan Rika ajudan isteri Gubernur mendapat promosi menempati eselon IV di jajaran Sekretariat Korpri.

Sekda Provinsi Jambi, AM Pirdaus yang ditemui koran ini usai pelantikan, mengaku tak jadi masalah ketika tiga ajudan ini dipromosikan. Dan dia juga mengaku, ajudan ini masih bisa menjalankan posisinya sebagai ajudan. ''Tak masalah, kalau ada waktu mereka masih tetap bisa jadi ajudan kok,'' ucap Sekda.

Mengenai posisi staf ahli yang selama ini kosong, dia mengaku akan diisi segera. Dan saat ini masih dalam proses. Diakuinya juga, ada beberapa pejabat eselon yang dilantik kemarin belum mencukupi secara kepangkatan. Oleh karena itu, mereka hanya ditunjuk sebagai pejabat. ''Misalnya seharusnya dia golongan IIIC, tapi saat dilantik masih IIIB, maka ditunjuk sebagai pejabat,'' terangnya.

Sementara Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Sekda menyampaikan, bahwa karena jabatan adalah amanah maka para pejabat harus siap menerima dan melepaskan jabatan yang diembannya. Sesunggunya jelas Gubernur begitu dilantik untuk menduduki jabatan, berarti juga telah menandatangani kontrak siap menerima amanah dan siap pula menerima penarikan amanah.

‘’Dalam dinamisasi organisasi, pelantikan dan mutasi pejabat merupakan suatu kondisi yang sangat dimungkinkan untuk dilakukan setiap saat,’’ tuturnya.

Ini sesuai dengan urgensi kepentingan perkuatan personil yang dibutuhkan untuk kelancaran operasional organisasi. Dengan demikian, tidak pada tempatnya, bila muncul prasangka-prasangka yang bermuatan berbagai kepentingan terhadap pelaksanaan mutasi dan pelantikan.

Ditegaskan Gubernur, dengan pelaksanaan pelantikan ini ada percepatan komitmen dalam perkuatan organisasi satuan kerja untuk memikul beban tanggungjawab dalam tingkatan yang optimal. ‘’Sebagai pembantu dalam tingkatan staf lini maupun teknis operasional, saudara-saudara memegang peran penting dari pembuatan kebijakan maupun penjabaran kebijkan yang telah ditetapkan untuk dioperasionalkan oleh pelaksana, sesuai status, peran dan posisinya,” ucapnya.

Dengan demikian tambah Gubernur, seorang pejabat hendaknya dapat membaca dan mencermati apresiasi amanah yang diembankan dipundaknya. “Ini saya sampaikan bukan hanya bagi pejabat yang baru dilantik, tetapi juga kepada seluruh pejabat eselonering lainnya di lingkungan pemerintah Provinsi Jambi, bahwa amanah yang diberikan adalah ujian dan tanggung jawab,” terangnya.

Selain itu, kedepan Gubernur berharap sikap pejabat eselon harus mampu bertindak cepat, cermat dan tepat. ‘’Ini saya garus bawahi, karena di era global dan perdagangan bebas saat ini, seperti Asian China Free Trade, dibutuhkan persiapan dan kesiapan menghadapi dan melakukan tindakan yang benar, akurat dan mengarah pada mengerti masalah, menyelesaikan masalah secara benar pula,” terangnya.

Seperti diketahui, pejabat yang dilantik terdiri dari pejabat eselon II sebanyak tiga orang, eselon III sebanyak 13 orang dan pejabat IV sebanyak 24 orang, yang keseluruhannya tersebar di SKPD lingkup Pemerintah Provinsi Jambi.

(arm)

No comments:

Post a Comment