Thursday, February 4, 2010

YEL Bantu Renovasi MCK di Belawan ; 18 Titik di Medan, MCKnya Memprihatinkan



Belawan, (Analisa)

Dari hasil Survei yang dilakukan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL), sebanyak 18 titik di kawasan Kota Medan yang kondisi MCKnya masih buruk.

Demikian dikatakan pimpinan YEL, dr. Sofyan Tan usai acara serah terima renovasi MCK di kawasan Lingkungan IX dan XI Uni Kampung Kelurahan Belawan I, Selasa (2/2) pagi.

Ia menambahkan, dari belasan renovasi MCK belasan titik di Medan itu membutuhkan dana sebesar Rp 240 juta. Sumber dana renovasi tersebut tidak perlu dikeluarkan dari APBD.

Namun dapat diambil dari swadaya. Oleh sebab itu, ia memprioritaskan programnya dalam rangka untuk menyehatkan masyarakat.

Menurutnya, kalau mau sejahtera, harus hidup sehat agar dapat berproduktivitas. Kalau sakit tidak bisa mencari nafkah, malah uang akan keluar karena dana untuk berobat.

Program tersebut sekaligus memperingati HUT ke 10 YEL dengan bekerjasama Lion Clubs Medan Lestari.

Selama ini, yayasan itu konsentrasi terhadap masalah peletarian hutan dan kemanusiaan seperti bencana alam. Namun saat ini yayasan tersebut mewujudkan kepeduliannya terhadap kesehatan masyarakat.

Yayasan tersebut memberikan bantuan senilai Rp 22 juta untuk renovasi MCK di kawasan Uni Kampung. Selain itu, pihaknya juga menyumbangkan sebanyak 110 kotak keramik yang dibutuhkan untuk renovasi Masjid Nurul Falah yang berada di kawasan itu.

Camat Belawan, Syaiful Nasution dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Selain itu, kepada warga sekitar untuk merawat fasilitas tersebut dan menjaga kebersihannya. Sehingga menciptakan suasana yang sehat, tandasnya.

Lurah Belawan I, Budi Ansari Lubis, MSi menambahkan, di Lingkungan IX terdapat 93 lebih kepala keluarga dan di lingkungan XI terdapat sebanyak 178 kepala keluarga.

Masyarakat di pemukiman itu kebanyakan mencari nafkah sebagai buruh dan nelayan. Selain itu, karena letaknya di pinggir laut, saat air pasang sampah-sampah bserserakan di kawasan pemukiman tersebut, tandasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden Lion Clubs Medan Lestari, Finche Kuswanto, SE, dan muspika Belawan. (iqb/zl)

No comments:

Post a Comment