Monday, February 1, 2010

PT BSM Dan Tim Bapedalda DS, Tinjau Lokasi Limbah Beracun Yang Mencemari Kolam Ikan Warga





(foto:dnaberita/tajohan)
KOLAM IKAN MAS: Kolam ikan mas milik M Saleh Sembiring, yang disebut-sebut tercemar limbah beracun PT BSM, ditinjau PT BSM (sebelah kiri kemeja putih) yang melibatkan Tim Bapedalda Deliserdang, (pakai topi putih kaos biru) saat berdialog dengan pemilik kolam ikan mas.

Minggu 31/01/2010


STM HILIR | DNA - Setelah dilakukan survei dilokasi kolam ikan mas milik M Saleh Sembiring, warga Desa limau Mungkur Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deliserdang, terkait matinya ratusan ekor ikan mas miliknya yang disebut-sebut akibat limbah beracun PT Bangun Swadaya Mulia (BSM) yang mencemari kolam ikannya, sudah mendapatkan titik terang.

Ternyata matinya ratusan ikan mas milik M Saleh Sembiring bukan dikarenakan limbah milik PT BSM, guna memastikannya pihak Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Deliserdang, yang diwakili Serkertaris Bapedalda, Drs Tigor Manurung, mengambil sampel untuk dilakukan penelitian.

Turunnya tim Bapedalda didampingi Camat STM Hilir, Tuah Malem Tarigan SH dan pihak perusahaan yang mengelola kayu olahan kelokasi kolam tersebut, berkaitan pengaduan M Saleh Sembiring ke Bapedalda Deliserdang.

Yang mana dalam pengaduannya M Saleh Sembiring menuding penyebab matinya ratusan ekor ikan mas miliknya adalah limbah PT BSM yang mencemari kolam ikannya, ternyata setelah dilakukan survei kelokasi tidak terbukti penyebabnya limbah PT BSM.

.Hasil survei dilapangan tidak menunjukan adanya limbah dari PT BSM, penyebab matinya ratusan ikan mas milik M Saleh Sembiring, menurut Drs Tigor Manurung Serkertaris Bapedalda Deliserdang, kepada pemilik kolam ikan mas M Saleh, tidak terlihat setetes air limbah yang dibuang PT BSM mencemari lokasi, seperti pengaduan M Saleh kepada pihak Bapedalda Deliserdang.

Masih menurut pihak Bapedalda Deliserdang, air yang mengalir ke kolam ikan mas milik M Saleh, bukan air limbah dari PT BSM, melainkan sumber mata air yang mengalir ke kolam, sedangkan saat dilakukan survei dilokasi, membuktikan tidak adanya limbah yang mencemari kolam itu, kalau ada jelas ikan mas yang saat ini di pelihara pasti mati.

No comments:

Post a Comment