Friday, February 5, 2010

Jambi Wilayah Barat Ancam Bentuk Provinsi Merasa di Anaktirikan Dalam Pembangunan

Sabtu, 06 Februari 2010
MUARATEBO - Merasa pembangunan yang berjalan di Prov Jambi selama ini tidak merata, maka daerah Jambi wilayah barat bertekad bulat untuk pisah dari Prov Jambi dan membentuk provinsi tersendiri. Wacana Ini terungkap saat Kunker DPRD Prov Jambi di aula rumah dinas Bupati Tebo, kemarin (04/02).

Wakil Ketua DPRD Tebo, Syasurizal, mengatakan alasan timbulnya wacana untuk segera mewujudkan Prov Jambi Barat ini dikarenakan pembangunan di bagian barat sangat terasa pincang, jika dibandingkan dengan bagian timur. Sehingga, tak menutup kemungkinan dalam beberapa waktu ke depan wilayah barat akan membentuk provinsi sendiri dan tentunya melepaskan diri dari Pemprov Jambi.

"Jangan salahkan jika Jambi bagian barat akan segera membentuk provinsi baru. Sebab, pembangunan di Prov Jambi memang terlihat tidak merata. Wilayah barat seolah dianaktirikan," ujar Syamsurizal, dengan nada meninggi.

Pria yang akrab disapa Iday ini mencontohkan pembagian kue APBD Rp 1,4 triliun. Yang masuk ke Kab Tebo hanya berkisar Rp 4 miliar per tahun. “Jujur saja, kondisi ini membuat kita merasa dianaktirikan oleh Pemprov,” ujar politisi muda asal Partai Demokrat ini.

Usai acara Kunker dan diskusi, kepada Koran ini Iday menjelaskan, wacana pembentukan Prov Jambi Barat bukan tidak beralasan. Dari segi sumber daya, daerah Jambi barat sangat layak. Apalagi, jika Bandara Bungo selesai dibangun. Maka, syarat infrastruktur sudah sangat mendukung.

Sementara itu Aswan Hidayat, anggota DPDR Prov Jambi Dapil Bungo - Tebo, menilai pembangunan di Jambi seperti tak bervisi saja. Dia mencontohkan Kab Tebo yang sudah dinyatakan sebagai sentra penghasil pangan. Maka, siapa pun yang menjadi gubernur harus menggodok dana untuk bidang itu. “Nah, selama ini konsep seperti itu yang masih belum jalan,” tuturnya.

Dedi Putra, anggota DPRD Prov Jambi, menjelaskan yang paling penting adalah pembangunan dilaksanakan pemerintah harus terintegrasi dan menyeluruh. "Pembangunan jalan yang berhubungan dengan arus ekonomi sangatlah diperlukan bagi daerah Jambi Barat,” ujarnya.

Wacana pembentukan Prov Jambi Barat yang dilontarkan Wakil Ketua DPRD Tebo, Syamsurizal, ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Tebo. Dedi Suhendra, pentolan aktivis mahasiswa Tebo, menilai pembentukan Prov Jambi Barat sangat menggiurkan. Menurut Dedi, dengan terbentuknya provinsi baru, maka pembangunan akan lebih cepat terlaksana. "Untuk itu, kita sangat mendukung jika itu serius digulirkan,” ujarnya dengan nada mantap.

Hal senada diungkapkan Ibnu Muharam, tokoh masyarakat Tebo. Dikatakannya, terbentuknya Prov Jambi Barat adalah hal yang sangat ditunggu oleh masyarakat. "Dengan terbentuknya Prov Jambi Barat, maka semua kesempatan pasti akan lebih terbuka, termasuk urusan penerimaan pegawai,” pungkasnya.

(pay)

No comments:

Post a Comment