Tuesday, February 16, 2010

Butuh Jalan Nasional Hubungkan Tebo-Riau Dinas PU Usulkan ke Pusat



MUARATEBO - Secara geografis Kab Tebo tergolong strategis. Sayangnya, saat ini akses jalan belum memadai untuk mempercepat laju pertumbuhan pembangunan dan ekonomi, terutama akses jalan ke beberapa daerah.

Sebagai penghubung ke Kab Darmasraya (Sumbar), Tebo memiliki jalan Padang Lamo. Namun, perawatan jalan ini kewenangan Pemprov Jambi. Sejak beberapa tahun lalu jalan ini kurang diperhatikan dan mengalami keruskaan sangat parah.

Perkembangan Kab Tebo diprediksi juga akan cepat maju, jika akses jalan ke Prov Riau terbuka. Saat ini, pemkab Tebo telah membangun jembatan melintasi Sungai Batanghari. Dari seberang sungai ini, jika dibangun jalan, dari Tebo ke perbatasan Riau hanya butuh waktu beberapa jam.

Kabid Bina Marga Dinas PU Tebo, Ir Arif Makruf, mengatakan rencana strategis itu telah diusulkan ke pemerintah pusat. Untuk membangun jalan ke Riau dibutuhkan dana dari pusat. “Jika jalan itu disetujui, maka akses Tebo ke luar semakin terbuka dan akan berdampak besar terhadap kemajuan Tebo. Karena, dengan adanya jalan itu, letak Kab Tebo bertambah strategis dan mobilisasi masyarakat akan meningkat,” kata Arif.

Dikatakannya, pembangunan diusulkan ke pemerintah pusat, karena dana APBD Tebo terbatas. APBD Tebo diprioritaskan untuk pengembangan sarana dan prasarana dalam kabupaten yang saat masih banyak yang harus dibangun.

“Jalan yang diusulkan itu yaitu dari jalan Simpang Kandang, Kec Tebo Tengah, hingga Kab Peranap, Prov Pekan Baru. Jalan yang diperkirakan sepanjang sekitar 100 Km itu akan membelah Kecmatan Serai Serumpun, yang merupakan kecamatan baru hasil pemekaran,” jelasnya.

Usulan pembangunan jalan ini juga untuk mendukung pembangunan jembatan Tebo II yang telah selesai pada 2009 lalu. Jalan nasional itu nantinya tak hanya menghubungkan Kota Muaratebo dan Peranap, tapi juga ke Kec Tebo Ulu dan sekitarnya. Juga membuka akses ke Kab Bungo dan Dharmasraya.

“Namun, ini masih bersifat usulan ke pemerintah pusat. Semoga disetujui. Kalau ini disetujui, maka dari sisi geografis, letak Tebo akan sangat strategis dan kemajuannya akan semakin cepat,” tandasnya.

(pay)

No comments:

Post a Comment