Thursday, January 14, 2010

Kadisdik Sumut: Anggaran Pendidikan Sumut Berasal APBN Rp1,9 T

Januari 14th, 2010

Medan (SIB)
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara Drs H Bahrumsyah MM, menegaskan Dipa Pendidikan Sumut untuk tahun 2010 dianggarkan sebesar Rp 1,9 triliun dari APBN. Dana tersebut disalurkan untuk Biaya Operasional Sekolah (BOS), Tunjangan Profesi Guru dan kepada guru-guru yang berada di daerah-daerah terpencil dan lainya. Sementara untuk anggaran fisik, untuk tahun 2010 menurutnya tidak ada.
Melihat besaran anggaran tersebut, Kadis Pendidikan Sumut menilai bahwa saat ini pemerintah pusat sudah sangat jeli melihat kondisi di daerah-daerah dengan harapan, akan tercapainya transparansi dalam pengelolaan anggaran dalam pendidikan.
Menurut Kadis Pendidikan Sumut di sela-sela penutupan Rakor Disdik Sumut dengan Disdik Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara di Medan, Rabu (13/1), dalam pengelolaan bantuan pusat, daerah harus kordinasi dan membuat laporan peningkatan sebagai bahan evaluasi oleh Disdik Sumut. Jika terjadi penyimpangan akan dilakukan vonisment (hukuman) untuk disampaikan ke pusat.
Sementara itu Dinas Pendidikan sebagai pengendali mutu untuk program 2010-2014 menurutnya telah jelas arahnya, dengan dana bersumber dari APBN dan APBD sebesar 218 miliar yang meliputi kesejahteraan guru, peningkatan pendidikan guru non sarjana menjadi sarjana (S1), sertifikasi guru, sarana dan prasarana, beasiswa bagi siswa miskin serta pembinaan lainnya.
Sementara itu, program 7 kebijakan Disdik Sumut, harus dilakukan sesuai dengan program nasional, salah satunya adalah memproritaskan pembelajaran program IT (informatika Teknologi) dalam penerapan e-learning dalam peningkatan mutu SDM di Sumut.
Guru-guru akan kita didik agar mampu menguasai komputer/software, dan bagi guru yang telah lulus sertifikasi ternyata tidak mampu mengusai IT, maka sertifikasinya akan ditinjau kembali dan dicabut,” ujar Bahrmumsyah mengakhiri. (M.23/m)

No comments:

Post a Comment