Thursday, January 14, 2010

Gerhana Matahari Cincin di Medan Pukul 13:49 WIB



Jumat, 15 Januari 2010
Medan (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan gerhana matahari berbentuk cincin di Medan akan terjadi pada Jumat, pukul 13:49 WIB.

Analis Data BMKG Wilayah I Medan, Buha M. Simanjuntak di Medan, Jumat, mengatakan, puncak gerhana matahari cincin itu akan terjadi pada pukul 15:21 WIB.

Gerhana cicin itu akan berakhir pada pukul 16:38 WIB, katanya.

Buha mengatakan, gerhana matahari cincin itu tidak memiliki kaitan apa pun selain sekadar salah satu bagian dari efek dari rotasi planet.

Gerhana itu terjadi karena bulan berada di antara bumi dan matahari sehingga menutup cahaya sumber panas itu menyinari bumi.

Namun ia menyatakan cuaca mendung yang terjadi di Kota Medan dan sekitarnya pada pagi menjelang siang hari itu tidak tidak ada kaitannya dengan gerhana cincin matahari.

"Itu murni karena pengaruh awan mendung saja," katanya.

Buha mengatakan, masyarakat diimbau untuk tidak melihat gerhana matahari cincin itu secara kasat mata karena akan berbahaya bagi kesehatan.

Sebaiknya, kata dia, masyarakat menggunakan alat tertentu untuk melihat terjadinya gerhana matahari cincin tersebut.

Ia mengaku, bahaya melihat gerhana itu dengan mata telanjang juga dapat menyebabkan kebutaan. "Bahaya, bahkan mungkin bisa menyebabkan kebutaan," kata Buha. (*)

No comments:

Post a Comment